Bahasa Indonesia

ANEKDOT

Anekdot adalah sebuah cerita lucu dan menggelitik yang biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya dan bertujuan untuk memberikan suatu pelajaran tertentu.

Struktur :

  • Abstraksi > Awal cerita / Pendahuluan
  • Orientasi > Bagian yang membangun cerita
  • Krisis > Konflik / Permasalahan / Tujuan / Inti dari cerita
  • Reaksi > Ekspresi
  • Koda / Coda > Penutup bagian akhir cerita
  • Tokohnya bersifat aktual
  • Alur adalah peristiwa yang benar-benar terjadi 
  • Latar bersifat aktual
Kaidah :
  • Berupa lelucon atau cerita lucu
  • Terkandung kebenaran tertent yang dapat menjadi bahan pelajaran


Perbedaan antara Anekdot dengan Teks Lain (Eksposisi)


Anekdot :
  • Berbentuk cerita
  • Mengandung humor
  • Mengandung pelajaran
Eksposisi :
  • Merupakan fakta
  • Memberikan informasi 
  • Bukan berupa cerita


Langkah-langkah Membuat Anekdot

  1. Menentukan topik
  2. Pengumpulan Bahan
  3. Invertarisasi Subtopik
  4. Menyusun kerangka anekdot
  5. Mengembangkan kerangka anekdot


Contoh Anekdot

Ayam dan Sapi sudah lama bersahabat. Suatu ketika ayam mengalami peristiwa yang membuatnya menjadi kesal. Lalu ia pun menceritakannya kepada Sapi.
Ayam : "Huh... Gue benci banget sama manusia!!"
Sapi : "Emangnya lu ngapa yam??"
Ayam : "Masa gue baru makan beras dikit aja langsung diusir, pake dilempar batu segala lagi. Padahalkan setiap hari tuh manusia makan telor dan daging gue. Sebellllllllll!!!!!!!
Sapi : "emangnya lo doang yang benci sama manusia?, gue benci manusia lebih dari siapapun"
Ayam ; "Lahh emang lu ngapa?"
Sapi : "Coba lo bayangin setiap hari manusia meres-meres, mencet-mencet, ngelus-ngelus susu gue. tapi mereka gaada yang nikahin gueee. Sakit batin gueee yamm. sakittt. lagian juga emangnya gue cabe-cabean?"

  1. Ayam dan Sapi sudah lama bersahabat = Abstaksi
  2.  Suatu ketika ayam mengalami peristiwa yang membuatnya menjadi kesal = Orientasi
  3. Ayam : "Huh... Gue benci banget sama manusia!!" = Krisis
  4. "Masa gue baru makan beras dikit aja langsung diusir, pake dilempar batu segala lagi. Padahalkan setiap hari tuh manusia makan telor dan daging gue. Sebellllllllll!!!!!!! = Reaksi
  5. lagian juga emangnya gue cabe-cabean? = Koda

Komentar